Rabu, 23 November 2011

Titen GX - 3 Milik UNEJ, Dapat Prestasi Nasional




Berita menggembirakan dari fakultas teknik tempat saya belajar..hehehe..

Prestasi membanggakan ditorehkan anak-anak Tegalboto, setelah tahun lalu menjadi juara dua di ajang Kompetisi Mobil Listrik di Universitas Brawijaya, kini Tim Mobil listrik Fakultas Teknik Universitas Jember dengan mobilnya Titen GX-3 kembali mengulang kejayaan dengan meraih juara dua di ajang Kompetisi Mobil Listrik Nasional di Politeknik Negeri Bandung (23/10). Keberhasilan mempertahankan prestasi ini membuktikan jika kemampuan anak-anak Tegalboto tidak kalah dengan mahasiswa lainnya. Dalam kesempatan ini juara pertama diraih Tim Mobil Listrik Bogi dari Universitas Negeri Yogyakarta dan juara ketiga dibawa pulang Tim Mobil Listrik Speeder II Revolution karya mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Nasional Yogyakarta.


Kedatangan mobil listrik Titen GX-3 disambut langsung oleh Pembantu Rektor III, Drs. Andang Subahariyanto, M.Hum di gedung Rektorat dr. R. Achmad (25/10). Pembantu Rektor III yang penasaran dengan kemampuan Titen GX-3, menyempatkan diri mengendarai langsung mobil listrik juara dua nasional ini di seputaran kampus Tegalboto. Bahkan beberapa wartawan yang meliput acara ini turut merasakan duduk di belakang kemudi Titen GX-3 yang dimodifikasi ala mobil Go Kart. “Handling dan kemampuan lajunya tak kalah dengan mobil berbahan bakar bensin,” ujar Drs. Andang Subaharianto, M.Hum memuji mobil karya anak-anak Tegalboto.


Menurut Ketua Tim Mobil Listrik Titen GX-3, Andi Arif, proses persiapan turun di ajang Kompetisi Mobil Listrik kemarin membutuhkan waktu selama dua bulan. Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin semester tujuh ini memimpin tiga rekannya, Raditya Wahyu, Muhtadha Faizun dan Widya Setiawan yang kesemuanya satu jurusan berkutat siang malam demi mempertahankan prestasi tahun lalu. “Waktu dua bulan tadi digunakan untuk persiapan desain, perakitan, uji coba, trouble shooting dan belajar mengemudi,” kata Arif. Selama persiapan tersebut, mereka dibimbing oleh tiga dosen yakni, Nurkoyim, ST., MT., Dr. Asmi Soleh, ST., MT  dan Andi Setiawan, ST., MT.

Turun di ajang kompetisi tingkat nasional membawa banyak pengalaman bagi Tim Mobil Listrik Titen GX-3. Selain harus memecahkan masalah yang mendera seperti sistem kesimetrisan roda, pengereman yang agak bermasalah, mereka juga berkesempatan mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah dalam kehidupan nyata. “Kami bangga karena kerja keras kami terbayarkan dengan posisi juara dua nasional. Yang paling penting kami tidak lagi takut bersaing dengan tim dari PTN lain,” tambah Arif yang diiyakan seluruh kawan-kawannya.

Namun Arif dan kawan-kawan tak ingin berhenti di tingkat nasional, kini dirinya dan kawan-kawan dengan dukungan para dosen di Fakultas Teknik tengah menyempurnakan Titen GX-3. Pasalnya mereka memiliki target ingin turun di kejuaran mobil listrik di Malaysia yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. “Kami masih harus bekerja keras menyempurnakan kekurangan yang ada agar layak tanding di tingkat internasional,” pungkas Arif. (iim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

next previous home