Rabu, 23 November 2011

Pantai Papuma, Tanah Lot'nya Jember

Visit Jember!!
Kalian pasti belum menyangka kalau di Jember terdapat wisata pantai yang super luarbiasa indah. Pertama kali yang bisa diucapkan adalah "Ini Tanah Lot'nya Jember". Mari saksikan foto-foto dan keunikan dari pantai papuma (pasir putih malikan).


Pernahkah anda mendengar tentang pantai Papuma atau pantai Watu Ulo?. Pasti masih banyak yang belum tau. Kebanyakan dari kita masih lebih kenal dengan Kuta, Bali. Namun jangan salah, pantai ini sangat indah, pantai pasir putih dengan pantai karangnya, dan deburan ombaknya, luar biasa menyegarkan mata.

Papuma adalah pantai yang terletak di selatan Jember, Jawa Timur. Pantai ini bisa ditempuh dalam 1 jam perjalanan dari Jember. Akses umum ke pantai ini agak sulit dikarenakan jarangnya angkutan kota ke daerah ini. Pantai Watu Ulo sendiri merupakan pantai dengan panjang pantai yang lebar, secara administratif Watu Ulo dikelola oleh Pemerintah daerah Jember. Keadaan pantainya sendiri sebenarnya amat indah, namun hal ini tidak dibarengi dengan fasilitas yang memadai, mulai dari kurangnya tenaga kebersihan, sampai dengan tempat parkir kendaraan yang seadanya. Alhasil pantainya seperti tidak ada yang mengurus, sampah cukup banyak bertebaran di pantai.


Pantai Watu Ulo
Pantai Watu Ulo
Selang 1 km dari Watu Ulo, kita sampai di pantai Tanjung Papuma. Secara administratif pantai ini dikelola oleh Perhutani. Karena beda pengelola, maka kita harus membayar uang masuk 2 kali. Pantai ini merupakan pantai yang luar biasa indah. Pantai ini sendiri merupakan gabungan antara pantai pasir putih, dan pantai karang. Karang-karang di pantai ini amat luar biasa, tinggi besar menjulang, kesannya amat eksotis. Dibanding kan Bali, pantai ini masih jauh lebih bagus (menurut saya ya). Seperti layaknya pantai selatan, ombaknya amat ganas, besar sekali, maka dilarang keras berenang di pantai ini. Namun masih banyak hal lain yang bisa dilakukan selain berenang. Kita bisa menjelajahi karang-karangnya, melihat pantai dari ketinggian, serta menikmati indahnya sunset di pantai ini. Suasananya amat romantis.


Tanjung papuma
Tanjung Papuma – Wisata Jember
Fasilitas di pantai papuma, cukup memadai, restoran, tempat menginap, masjid, serta toilet umum ada di pantai ini. Namun yang disayangkan, masih banyak sampah yang dibuang pengunjung di pantai ini. Dari banyak pantai yang pernah saya kunjungi pantai ini masih jadi yang terbaik.

Pantai karang Papuma
Pantai Karang Papuma – Wisata Jember

Pantai Papuma_2
Pantai Papuma – Wisata Jember

sunset di papuma
Sunset di Papuma – Wisata Jember

pantai papuma_3









Salah satu keunikan yang kita temui di Papuma, yakni adanya batu-batu Malikan yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian khas seperti musik bila terkena ombak. Batu Malikan merupakan karang-karang pipih yang mirip seperti sebuah kerang besar yang menjadi dasar sebuah batu karang besar, yang letaknya tak jauh dari tepi pantai. Ada tujuh batu karang besar di pantai itu. Tujuh batu karang disebut sebagai pulau kecil oleh warga setempat. Enam dari tujuh pulau itu memiliki nama yang sesuai dengan bentuknya.






Konon, satu dari antara pulau tersebut dihuni oleh ratusan ular berbisa sehingga tidak ada masyarakat atau wisatawan yang bisa berkunjung ke pulau tersebut. Deretan gugusan pulau tersebut, yakni Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Narodo, Pulau Nusa Barong, Pulau Kajang, dan Pulau kodok. Bentuk enam pulau tersebut sangat khas. Seperti Pulau Kodok yang bentuknya mirip seperti kodok raksasa, sedangkan Pulau Narodo bentuknya mirip dengan topi dewa Narada. Pengunjung yang datang ke pulau-pulau batu karang itu, bisa duduk di atas Batu Malikan asalkan ombak laut tidak tinggi.
Dua buah batu karang penanda atau icon papuma adalah batu kajang dan batu narada.  Jika kita mengamati background dari potret-potret pantai pasir puti yang ada di seluruh dunia, dengan mudah kita mengenali bahwa latar belakang foto diambil di papuma karena adanya batu kajang atau batu narada. Kedua batu karang itu menjadi tempat paling favorit berpose dan berfoto-ria para pengunjung papuma karena bentuknya yang memang sangat khas.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

next previous home